Welcome to Phetir

Kenapa Laba-laba air lebih lama dipermukaan air? ini penjelasanya

Hi guys apa kabarnya nih...
Pembahasan kali ini adalah tentang apa yaa? nanti teman-teman akan menemukanya. Sebelumnya teman-teman pasti pernah melihat laba-laba air kan? Laba-laba air merupakan bangsa serangga yang hidup di permukaan air. Mereka berjalan dan mencari makan dipermukaan air. Satu pertanyaan kenapa laba-laba air dapat berjalan dipermukaan air? Anak fisika pasti bisa jawab nih


Laba-laba air dapat berjalan dipermukaan air karena adanya suatu gaya yang ada dipermukaan air tersebut sehingga air terlihat mempunyai selaput pada daerah permukaan. Gaya inilah yang menyebabkan tegangan permukaan yang merupakan perbandingan antara gaya tegangan (bisa gaya berat benda) dengan panjang permukaan pada gaya tersebut bekerja. Jika dirumuskan seperti diawah ini

Adhesi dan Kohesi

Tadi dijelaskan bahwa tegangan permukaan disebabkan oleh gaya. Gaya yang dimaksud adalah gaya adhesi dan gaya kohesi. Kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel partikel yang sejenis. Kohesi dipengaruhi oleh kerapatan dan jarak antarpartikel dalam zat. Gaya kohesi mengakibatkan dua zat bila dicampurkan tidak akan saling melekat. Contoh peristiwa kohesi adalah : Tidak bercampurnya air dengan minyak, tidak melekatnya air raksa pada dinding pipa kapiler, dan air pada daun talas. Adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel partikel yang tidak sejenis. Gaya adhesi akan mengakibatkan dua zat akan saling melekat bila dicampurkan. Contohnya : Bercampurnya air dengan teh/kopi, melekatnya air pada dinding pipa kapiler, melekatnya tinta pada kertas, dll. Tegangan permukaan juga merupakan kecendrungan zat cair untuk menegang sehingga pada permukaan zat cair solah-olah terdapat selaput yang tegang, sehingga dapat menahan benda. 
Dari perumusan tegangan permukaan jika nilai gamma besar maka benda tidak akan ada berada di permukaan pasti akan tenggelam, sebaliknya jika panjang permukaan besar dan tegangan permukaan kecil maka benda akan berada pada permukaan karena gaya tegangan pada air lebih besar dari pada gaya berat benda. panjang permukaan inilah yang menyebabkan laba-laba air bertahan lebih lama pada permukaan air.
Nah bagaimana penjelasanya guys, apakah sudah paham. nah  satu pertanyaan apa yang menyebabkan laba-laba air lebih lama dipermukaan air daripada kadal yang dapat berjalan di air??

Penampakan Kadal
Share this post :

Post a Comment

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger