Welcome to Phetir

Palung Mariana adalah palung terdalam didunia

Hi guys apa kabar pernah dengar kata palung?atau palung laut? mungkin guys hobinya ketinggian bukan kedalaman yak hehehe..
Palung adalah jurang yang curam didasar laut dikelilingi oleh dinding sempit. Telah diketahui palung terdalam didunia itu adalah palung mariana dengan kedalaman 10.911 meter atau 10,9 km ada yang mengatakan 11 km dibawah permukaan laut (dpl) lalu apakah palung mariana daerah terdalam di bumi jawabanya tidak ada yang lebih dalam lagi yaitu samudra antartika dengan kedalaman 13 km. Palung Mariana berada 6.366,4 dari pusat bumi  sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara dan 142° 12' Bujur Timur, dekat juga dengan negara


 Jika gunung tertinggi didunia masuk kelaut dan kita bandingkan dengan kedalaman palung mariana maka bumi akan tertutup oleh air, begitulah fungsi dari laut coba perhatikan ilustrasi berikut.

Titik terdalam di Palung Mariana adalah Challenger Deep dengan kedalaman mencapai 11.035 meter. Nama ini diberikan setelah dilakukannya observasi oleh kapal selam Inggris yang bernama 'Challenger II' yang menemukan tempat ini tahun 1951.Titik Challenger Deep pertama kali dieksplorasi oleh Jacques Piccard dan Don Walsh dengan kapal the Trieste Bathyscaphe tahun 1960. Saat itu, mereka mampu mencapai kedalaman 10.916 meter (35.814 meter). Tahun 2009, peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution menyelesaikan penyelaman dengan mengirim robot selam tanpa awak di titik Challenger Deep. Robot ini mampu mencapai kedalaman 10.902 meter. Terjadinya palung diakibatkan proses subduksi dari lempeng bumi, palung mariana terletak antara beberapa lempeng bumi jika lempeng tersebut melakukan pergerakan maka lempeng yang lebih tua akan turun atau menghujan kebawah karena besarnya gaya gravitasi.


Dari penjelasan tersebut apakah ada tanda-tanda kehidupan di dasar palung laut mariara yang konon katanya memiliki suhu mendekati no dan mempunyai tekanan yang besar? Jawabnya adalah ada. Ada beberapa hewan yang hidup didasar palung mariana tapi bentuknya lebih aneh dari hewan laut lainya coba perhatikan contoh hewan berikut ini
 Dumbo Octopus

Unidentified Species

 

Bagaiman aneh bukan, ini mungkin disebabkan keadaan yang extrem tadi yang dapat membuat revolusi dari makhluk tersebut.


Share this post :

Post a Comment

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger