Welcome to Phetir

keterampilan variasi stimulus

Variasi stimulus : suatu kegiatan guru dalam konteks proses interasksi belajar-mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam proses belajar-mengajar siswa senantiasa menunjukan ketekunan, antusias serta penuh partisipasi

Aspek-aspek yang dilatihkan
1.    Gerak guru (teacher movement)
Gerak guru (teacher movement) bertujuan untuk melatih calon guru agar dalam menghantarkan pelajarannya didalam kelas telah terbiasa bergerak bebas {tidak “kikuk” atau “kaku”}. Contoh geraknya yakni pertama Gerak Bebas,biasakan bergerak bebas dalam kelas, dengan maksud untuk memberikan dorongan dan menanamkan “rasa dekat” pada siswa sekaligus sambil mengontrol tingkah laku siswa. Kedua Menerangkan Bahan, jangan menerangkan sambil menulis menghadap papan tulis, sebaiknya menulis baru menerangkan. Ketiga Menerangkan Dan Gerak, jangan membiasakan menerangkan sambil berjalan mondar-mandir, tetapi jangan pula membiasakan menerangkan hanya sambil duduk melulu. Keempat Arah Pandang, arah pandang hendaklah menjeljahi keseluruhan kelas, pada waktu seorang siswa bertanya, usahakan bergerak menjauhi sipenanya, agar sipenanya mengucapkan pertanyaannya terdengar oleh semua siswa. Kelima Ketika Siswa Bertanya, ada waktu seorang siswa bertanya, usahakan bergerak menjauhi sipenanya, agar sipenanya mengucapkan pertanyaannya terdengar oleh semua siswa. Keenam Observasi, bila menginginkan untuk mengobservasi seluruh siswa, maka bergeraklah perlahan-lahan dari arah belakang kelasa kedepan, agar dapat mengetahui tingkah laku siswa dengan seksama tanpa diketahui oleh siswa yang bersangkutan.
2.    Isyarat guru/teacher Gesture
Isyarat guru maksudnya gerak tubuh atau anggota badan yang mengandung arti dalam hubungannya untuk menimbulkan perhatian, rangsangan pada siswa. Misalnya Pertama Gerak Tangan, menggambarkan sesuatu, misalnya dengan gerak tangan dapat digambarkan suatu benda, ukuran, maupun kecepatan gerak suatu benda. Kedua Gerak Anggukan Kepala, menyatakan suatu maksud, misalnya dengan mengangguk-anggukan kepala berarti menyatakan setuju. Ketiga Gerak Mengangkat Alis, Mengangkat alis mata tinggi-tinggi berarti menunjukan rasa kagum, tercengang, heran dan lain-lain. Keempat Gerak mengkerutkan Kening, Menyatakan belum/tidak faham terhadap yang diucapkan oleh sipembicara. Kelima Gerak Bertepuk Tangan, Sipembicara mengundang perhatian agar perhatiannya terpusat kepada dia, atau menyatakan kagum, mensuport dan lain-lain.
3.    Suara Guru/Teacher voice
Suara Guru/Teacher voice bertujuannya agar orang yang mendengarkan senantiasa memperbarui perhatiannya, dianjurkan jangan bicara dengan nada yang sama (monoton). Pembicaraan yang hidu dan mengundang perhatian yang mendengarkan yaitu bila diucapkan dengan pola bicara yang berganti-ganti, sebab hal itu akan menanamkan rasa senang bagi yang mendengarkan.
4.    Kebisuan Guru/Teacher Silence
Kebisuan Guru maksudnya pembicaraan akan lebih mengundang perhatian pendengar bila diucapkan dengan teknik “selingan diam”, tetapi bila teknik diam tersebut digunakan terlalu lama malah akan mengundang kegelisahan yang meningkat kea rah kebosanan pihak pendengar. Teknik diam mendadak di tengah-tengah pembicaraan bila digunakan secara tepat akan mengundang perhatian yang serius dari siswa, sebab rasa keinginan mengetahui lebih lanjut. Guru yang telah berpengalaman, bila kepadanya dilontarkan suatu pertanyaan maka tidak tergesa-gesa untuk menjawabnya, dengan tujuan untuk mengatur siasat dalam rangka menyusun jawaban dan bila perlu dapat melontarkan balik bertanya.
5.    Gaya Interaksi {Interaktion Styles}

Agar jangan menimbulkan kebosanan, kejemuan serta untuk menghidupkan suasana kelas, demi keberhasilan sisiwa untuk mencapai kemampuan yang telah ditentukan oleh tujuan pembelajaran, maka dituntut adanya pola hubungan :

unduh materi tentang keterampilan variasi stimulus disini
Share this post :

Post a Comment

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger