Welcome to Phetir

Banjir FMIPA UNP ditinjau dari fisika

pernah kita bertanya-tanya.. kenapa yaa kalau hujan lebat di Fmipa banjir terus? atau malam hujan paginya banjir juga?..
jawabanya sih cukup simpel yaitu pada saluran air atau kali...Hmmm...tapi jangan salah tanggap dulu kalau saluran air di Fmipa itu tersumbat...disini saluran airnya bersih dari sampah alias tidak tersumbat...lalu apa penyebabnya??

Penyebabnya harus ditinjau dari segi Fisika yaitu Fluida bagian Tekanan pada air..
Lokasi Fmipa UNP dilihat secara strategis terletak pada tepi laut sedangkan didepannya (muara kali Fmipa) adalah sungai gangga (namanya sih...). Sungai gangga bermuara ke batang air Basko dan langsung kearah laut.
gambar 1. penampakan sungai gangga UNP

Pada musim hujan air laut mengalami pasang dan batang air basko terjadi peningkatan air yang besar sengingga dorongan air dari sungai gangga tidak bisa menyamai dari dorongan batang air basko akibatnya sungai gangga tidak bisa mengalir seperti biasa. karena sungai gangga tidak mengalir seperti biasa maka volume sungai gangga besar dan menyamai permukaan airnya dengan kali yang ada pada fmipa, sehingga terjadi peningkatan volume secara terus menerus pada kali fmipa akibatnya terjadi kebanjiran.

Penyebab lainnya terjadinya kebanjiran adalah letak UNP adalah 0,5 meter dpl (diatas permukaan laut). Hujan bisa jadi tidak penyebabnya tapi pasang lautlah yang menentukan.

Share this post :

Post a Comment

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger