Handout adalah bahan
ajar tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan
siswa. Handout adalah pernyataan yang telah disiapkan oleh pembicara
(Depdiknas :2008). Handout biasanya disusun berdasarkan beberapa literatur yang
relevan dengan materi yang diajarkan/ KD dan materi pokok yang harus dikuasai
oleh siswa. Prastowo (2009) mengartikan
“Handout sebagai bahan tertulis yang
disiapkan untuk memperkaya pengetahuan siswa.
Handout dibuat untuk
memperlancar dan memberikan bantuan informasi atau materi pembelajaran sebagai
pegangan bagi siswa. Guru dapat membuat handout dari beberapa sumber yang
berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa”. Jadi, handout
sangat membantu dalam proses pembelajaran.
Handout merupakan bahan
ajar tertulis yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau
penjelasan dari guru. Steffen-Peter
Ballstaedt (dalam Depdiknas 2008: 18) mengemukakan “dua fungsi dari handout yaitu guna membantu pendengar
agar tidak perlu mencatat dan sebagai pendamping penjelasan penceramah/
guru”. Saat ini handout dapat diperoleh dari berbagai cara, antaralain dengan cara
mengunduh dari internet atau mengambil dari sebuah buku.
Penyusunan sebuah handout memiliki langkah-langkah yang harus
dilakukan. Menurut Depdiknas (2008:19)
langkah penyusunan sebuah handout - Melakukan analisis kurikulum,
- Menentukan judul handout,
- Mengumpulkan referensi sebagai bahan penulisan,
- Menulis handout,
- Mengevaluasi hasil tulisan dengan cara membaca ulang,
- Memperbaiki handout dan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi handout, misalnya buku, majalah, internet, dan jurnal hasil penelitian.
Penggunaan handout
dalam pembelajaran dapat mendukung proses pembelajaran serta dapat
menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efesien karena dengan penggunaan handout proses pembelajaran akan lebih
cepat dan tidak harus menunggu waktu yang lama dalam memberikan waktu kepada
siswa untuk mencatat informasi yang baru saja diterima. Selain itu, pengunaan handout dalam proses pembelajaran juga memiliki keuntungan.
Keuntungannya antara lain: dapat diproduksi sendiri, wujudnya sangat fleksibel,
bentuk dan isinya bervariasi dari yang sederhana sampai yang cukup lengkap,
bisa juga dalam bentuk kumpulan bab dalam sebuah buku, asalkan sesuai dengan
tuntutan kurikulum dan silabus.
Penyusunan handout dijabarkan
sesuai dengan silabus dan RPP, ringkas tapi komprehensif, diperkaya dengan
berbagai rujukan, dilengkapi dengan gambar/bagan, dan dilengkapi dengan tugas
yang terlampir.
Sumber : Skripsi salah satu warga Phetir
Sumber : Skripsi salah satu warga Phetir
Post a Comment