Welcome to Phetir

Handout

Handout adalah bahan ajar tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan siswa.  Handout adalah pernyataan yang telah disiapkan oleh pembicara (Depdiknas :2008).  Handout biasanya disusun berdasarkan beberapa literatur yang relevan dengan materi yang diajarkan/ KD dan materi pokok yang harus dikuasai oleh siswa.  Prastowo (2009) mengartikan “Handout sebagai bahan tertulis yang disiapkan untuk memperkaya pengetahuan siswa.  Handout dibuat untuk memperlancar dan memberikan bantuan informasi atau materi pembelajaran sebagai pegangan bagi siswa.  Guru dapat membuat handout dari beberapa sumber yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa”.  Jadi, handout sangat membantu dalam proses pembelajaran.
Handout merupakan bahan ajar tertulis yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari guru.  Steffen-Peter Ballstaedt (dalam Depdiknas 2008: 18) mengemukakan “dua fungsi dari handout yaitu guna membantu pendengar agar tidak perlu mencatat dan sebagai pendamping penjelasan penceramah/ guru”.  Saat ini handout dapat diperoleh dari berbagai cara, antaralain dengan cara mengunduh dari internet atau mengambil dari sebuah buku.
Penyusunan sebuah handout memiliki langkah-langkah yang harus dilakukan.  Menurut Depdiknas (2008:19) langkah penyusunan sebuah handout  

  1. Melakukan analisis kurikulum,
  2. Menentukan judul handout, 
  3. Mengumpulkan referensi sebagai bahan penulisan, 
  4. Menulis handout, 
  5. Mengevaluasi hasil tulisan dengan cara membaca ulang, 
  6. Memperbaiki handout dan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi handout, misalnya buku, majalah, internet, dan jurnal hasil penelitian.

Penggunaan handout dalam pembelajaran dapat mendukung proses pembelajaran serta dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efesien karena dengan penggunaan handout proses pembelajaran akan lebih cepat dan tidak harus menunggu waktu yang lama dalam memberikan waktu kepada siswa untuk mencatat informasi yang baru saja diterima.  Selain itu, pengunaan handout dalam proses pembelajaran juga memiliki keuntungan. Keuntungannya antara lain: dapat diproduksi sendiri, wujudnya sangat fleksibel, bentuk dan isinya bervariasi dari yang sederhana sampai yang cukup lengkap, bisa juga dalam bentuk kumpulan bab dalam sebuah buku, asalkan sesuai dengan tuntutan kurikulum dan silabus.  Penyusunan handout dijabarkan sesuai dengan silabus dan RPP, ringkas tapi komprehensif, diperkaya dengan berbagai rujukan, dilengkapi dengan gambar/bagan, dan dilengkapi dengan tugas yang terlampir.

Sumber : Skripsi salah satu warga Phetir
Share this post :

Post a Comment

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger