Welcome to Phetir

Guru fisika


Guru fisika

   Begitu banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran yang satu ini, padahal fisika pelajaran yang dekat sekali dengan fenomena yang terjadi di alam dan kehidupan sehari hari. Kemudian fenomena itu dioalah dalam bentuk angka yang mempunya besaran dan satuan. Belajr fisika tidak hanya berupa angka – angka dan rumus namun nilai seni juga ada disini dan juga mengandung pesan moral untuk manusia dan diambil hikmahnya untuk mereka yang mengetahui. Indahnya warna pelangi yang kita lihat merupakan proses dari penghamburan cahaya putih oleh tetes tes hujan kemudian menghasilkan 7 warnatampak yang dapat dilihat oleh mata mulai dari merah, jingga, kuning,hijau,biru,nila dan ungu yang mana dimulai dari frekuensi terendah sampai ke frekuensi teringgi. Semakin tinggi frekuensinya maka enegi yang di hasilkanpun juga tinggi namun panjang
gelombangnya justru berbanding terbalik. Betapa kesempurnaan itu hanyalah milik sang pencipta karena setiap ciptaanya diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain dengan cara diberikan kelebihan an kekurangan.
Nanti klau aku menjadi guru , atau membimbing jai mentor bagi mereka yang ingin mengenal fisika, aku akan mulai bertanya warna favorit mereka kemudian mengumpulkan aksesoris mereka seandainya mereka mempergunakan itu ke sekolah. Lalu melalui barang – barang mereka yang beraneka warna akan kumulai ceritaku dengan karakter warna tersebut dan bagaimana hubungannya dengan karakter pemiliknya secara psikologis. Karena aku ingin membuat apa ilmu yang telah mereka pelajari bisa saling berkaitan satu sama lain. Aku ingin membuat mereka benar – benar tertarik pada fisika dan ingin mencintainya dan bahkan membuat dia tersungkur bersujud atas kebesaran sang khaliq. Setelah memperkenalkan chya secara umum pada mereka barulah aku masuk pada pelajaran. Pertama aku akan memberikan mind mapping versiku secara umum paa mereka tentang materi apa yang harus kita pelajari dan kuasai. Aku juga ingin mengingatkan mereka untuk menikmati fisika ini sebgai santapan pagi yang hangat bagi mereka seperti aku tidak coffe morning plus susu yang mampu menghangatkan dan membuat suasana menjadi akrab. Aku sadar bahwa kurikulum memnuntut anak untuk aktif namun untuk tahap awal aku ingin mereka mengetahui konsep dasar fisika ini, sehingga apa yang mereka pelajari tidak mengambang. Setelah mengetahui konsep dan asal usul rumusnya, maka aku akan memberikan contoh soal yang mirip di buku namun aku menjadikan tindakan keseharian siwaku sebagai soal utama, aku ingin nama siswaku ada dalam soalku.
Tidak hanya berbagi ilmu aku ingin menjalin hubungan dengan siswaku lebih dari sekedar pembimbing dan pendidik, tetapi juga mampu sebagai, kakak dan teman mereka. Karena dulu aku juga pernah duduk di bangku sekolah. Kalu aku di suruh untuk mengajar, aku ingin mengajar di semua tingkat baik itu smp  maupun sma. Semoga bisa menyenangkan dimanapun tempatku berbagi ilmu.
Sebagai tugas akhir aku ingin guru fisika  bekerja sma dengan guru kesenian. Karena setauku kesenian tugas akhir semester atau tugas akhir sekolah identik dengan drama musikal, tarian, maupun penampilan band. Aku ingin setiap apa yang mereka tampilkan di panggung mereka mampu  menyampaikan pesan atau fenomena alam yang berhubungan dengan fisika. Mereka dipersilakan untuk menggali potensi diri sekreatif mungkin.

Aku tahu dan sangat yakin pengetahuan dan ilustrasi dan cerita – cerita fenomena alam yang berhubungan fisikaa tidaklah cukup untuk membuat siswakiu menjawab soal ujian nanti. Untuk itu siswaku harus berlatih dan rajin mengerjakan soal – soal . aku akan membagi mereka dalam grup yang terdiri dari 2 orang. Yang nantinya mereka pilih secara acak karena aku yakin walaupun mereka satu kelas belum tentu mereka kompak dan menyatu, ini salah satu trik untyuk mempersatukan mereka dan saling bekerjasama satu sama lain sehingga tim kerja mereka adalah teman yang jarang dia ajak bicara di kelas. Bagiku buku latihan dan catatan aalah penting. Aku akan memberi mereka banyak soal kemudian menjelaskan bagaimana tips dan langkah kerja untuk memecahkan soa serta mengutak atik satu soal dalam bentuk lain namun masih pada konsep yang sama.
Share this post :

Tentang Kami

Selamat Datang di Website Pendidikan Fisika 2012
 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Phetir-Remand-Fisika 12 - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger