Guru fisika
Begitu
banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran yang satu ini, padahal fisika
pelajaran yang dekat sekali dengan fenomena yang terjadi di alam dan kehidupan
sehari hari. Kemudian fenomena itu dioalah dalam bentuk angka yang mempunya besaran
dan satuan. Belajr fisika tidak hanya berupa angka – angka dan rumus namun
nilai seni juga ada disini dan juga mengandung pesan moral untuk manusia dan
diambil hikmahnya untuk mereka yang mengetahui. Indahnya warna pelangi yang
kita lihat merupakan proses dari penghamburan cahaya putih oleh tetes tes hujan
kemudian menghasilkan 7 warnatampak yang dapat dilihat oleh mata mulai dari
merah, jingga, kuning,hijau,biru,nila dan ungu yang mana dimulai dari frekuensi
terendah sampai ke frekuensi teringgi. Semakin tinggi frekuensinya maka enegi
yang di hasilkanpun juga tinggi namun panjang
gelombangnya justru berbanding terbalik. Betapa kesempurnaan itu hanyalah milik sang pencipta karena setiap ciptaanya diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain dengan cara diberikan kelebihan an kekurangan.
gelombangnya justru berbanding terbalik. Betapa kesempurnaan itu hanyalah milik sang pencipta karena setiap ciptaanya diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain dengan cara diberikan kelebihan an kekurangan.
Nanti
klau aku menjadi guru , atau membimbing jai mentor bagi mereka yang ingin
mengenal fisika, aku akan mulai bertanya warna favorit mereka kemudian
mengumpulkan aksesoris mereka seandainya mereka mempergunakan itu ke sekolah.
Lalu melalui barang – barang mereka yang beraneka warna akan kumulai ceritaku
dengan karakter warna tersebut dan bagaimana hubungannya dengan karakter
pemiliknya secara psikologis. Karena aku ingin membuat apa ilmu yang telah
mereka pelajari bisa saling berkaitan satu sama lain. Aku ingin membuat mereka
benar – benar tertarik pada fisika dan ingin mencintainya dan bahkan membuat
dia tersungkur bersujud atas kebesaran sang khaliq. Setelah memperkenalkan chya
secara umum pada mereka barulah aku masuk pada pelajaran. Pertama aku akan
memberikan mind mapping versiku secara umum paa mereka tentang materi apa yang
harus kita pelajari dan kuasai. Aku juga ingin mengingatkan mereka untuk
menikmati fisika ini sebgai santapan pagi yang hangat bagi mereka seperti aku
tidak coffe morning plus susu yang mampu menghangatkan dan membuat suasana
menjadi akrab. Aku sadar bahwa kurikulum memnuntut anak untuk aktif namun untuk
tahap awal aku ingin mereka mengetahui konsep dasar fisika ini, sehingga apa
yang mereka pelajari tidak mengambang. Setelah mengetahui konsep dan asal usul
rumusnya, maka aku akan memberikan contoh soal yang mirip di buku namun aku
menjadikan tindakan keseharian siwaku sebagai soal utama, aku ingin nama
siswaku ada dalam soalku.
Tidak
hanya berbagi ilmu aku ingin menjalin hubungan dengan siswaku lebih dari
sekedar pembimbing dan pendidik, tetapi juga mampu sebagai, kakak dan teman
mereka. Karena dulu aku juga pernah duduk di bangku sekolah. Kalu aku di suruh
untuk mengajar, aku ingin mengajar di semua tingkat baik itu smp maupun sma. Semoga bisa menyenangkan
dimanapun tempatku berbagi ilmu.
Sebagai
tugas akhir aku ingin guru fisika
bekerja sma dengan guru kesenian. Karena setauku kesenian tugas akhir
semester atau tugas akhir sekolah identik dengan drama musikal, tarian, maupun
penampilan band. Aku ingin setiap apa yang mereka tampilkan di panggung mereka
mampu menyampaikan pesan atau fenomena
alam yang berhubungan dengan fisika. Mereka dipersilakan untuk menggali potensi
diri sekreatif mungkin.
Aku
tahu dan sangat yakin pengetahuan dan ilustrasi dan cerita – cerita fenomena
alam yang berhubungan fisikaa tidaklah cukup untuk membuat siswakiu menjawab
soal ujian nanti. Untuk itu siswaku harus berlatih dan rajin mengerjakan soal –
soal . aku akan membagi mereka dalam grup yang terdiri dari 2 orang. Yang
nantinya mereka pilih secara acak karena aku yakin walaupun mereka satu kelas
belum tentu mereka kompak dan menyatu, ini salah satu trik untyuk mempersatukan
mereka dan saling bekerjasama satu sama lain sehingga tim kerja mereka adalah
teman yang jarang dia ajak bicara di kelas. Bagiku buku latihan dan catatan
aalah penting. Aku akan memberi mereka banyak soal kemudian menjelaskan
bagaimana tips dan langkah kerja untuk memecahkan soa serta mengutak atik satu
soal dalam bentuk lain namun masih pada konsep yang sama.